01
Feb
08

INSTALLASI WEB SERVER DILINUX SUSE 10.0

sebelum kita melakukan instalasi web server , pastikan linux yang telah kita install telah berjalan baik .

maarilah kita mulai saja installasi paket-paket yang di butuhkan oleh sebuah web server,yang harus anda lakukan adalah, masuk ke dalam menu consol, apabila anda beraaada di user biasa (bukan user Root) anda di haruskan masuk ke super user (ROOT), untuk masuk ke Super User anda ketikan, dan masukan password Root yang linux anda miliki. kemudian masuk ke Setingan dengan mengetikan yast (Yet another Setup Tool). YaST merupakan Alat bantu (semacam ‘Control Panel’) yang ampuh, nyaman dan efektif untuk mengatur sistim operasi Linux saat instalasi/Unintall software. Setelah masuk anda masuk ke menu Software –>> Software Management, Software Management, merupakan tempat untuk kita me-install/Uninstall Software.

Setelah masuk ke dalam halaman Softare Management anda tekan Alt + S (Untuk melakukan pencarian terhadap paket2 yang mau di install atau mau di uninstall)di menu search itu anda masukan Apache, karena Web server yang akan kita gunakan adalah apache, (untuk memilih tekan Space) Anda pilih paket, Apache2, Apache2-doc, Apache2-example-pages, Apache2-mod-php4, untuk sementara hanya itu paket yang kita butuhkan, tapi kalau anda membutuhkan paket lain silahkan saja di pilih.

untuk mengetes jalan atau ga, anda bisa masukan command, rcapache2 status, untuk melihat status apache kita, rcapache2 start, untuk menyalakan web server apache, rcapache2 stop, untuk mematikan web server apache yang kita miliki, dan sedangkan kalau rcapache2 restart adalah untuk mematikan dan menghidupkan kembai server apache. Setelah web server apache berjalan, anda masuk ke browser dan di address-nya anda masukan http://localhost.ini bisa di buka juga di komputer lain dengan cara memasukan alamat ip dimana komputer yang kita install web server tadi, sebagai contoh http://192.168.0.1 . untuk upload web kita bisa di taruh di /srv/www/htdocs/.

Selesai Deh… Selamat Mencoba…..


0 Tanggapan to “INSTALLASI WEB SERVER DILINUX SUSE 10.0”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar


Februari 2008
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829